SILABUS
MATA PELAJARAN KIMIA
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Kelas : XII
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Menyadari
adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman
sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan
pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat
tentatif.
|
·
Penurunan titik beku
·
Kenaikan titik didih
Sifat koligatif
larutan elektrolit dan larutan non elektrolit
|
Mengamati (Observing)
·
Membaca dan mendengar dari
berbagai sumber tentang fenomena
terkait sifat koligatif yaitu
penurunan titik beku dan kenaikan titik didih (memasak air dengan dan tanpa
garam; memasak dalam panci dengan dan tanpa tutup; penggunaan garam di jalan bersalju,
penggunaan garam dalam pembuatan es puter, dll)
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan berbagai
pertanyaan terkait hasil observasi (mengapa memasak tanpa garam lebih cepat
mendidih, mengapa penggunaan garam membuat es puter tetap dingin, mengapa
digunakan garam untuk mencairkan salju, dll)
Mengumpulkan Data
(Experimenting):.
·
Diskusi dalam kelompok,
merancang percobaan, dan melakukan
percobaan penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan.
·
Menganalisis
dari berbagai sumber terkait materi sifat koligatif larutan lainnya (kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan)
Mengasosiasi (Associating):
·
Menyimpulkan penyebab
sifat koligatif larutan (kenaikan titik didih, penurunan titik beku)
·
Menghubungkannya
konsentrasi (molalitas/fraksi mol) dengan sifat koligatif larutan)
·
Berlatih menyelesaikan
perhitungan kimia terkait sifat koligatif larutan
Mengkomunikasikan (Communicating)
·
Mengkomunikasikan hasil
analisis terkait sifat koligatif larutan dengan cara lisan/tertulis, menggunakan
tata bahasa yang benar
Mengamati (Observing)
·
Mempelajari data hasil
percobaan kenaikan titik didih dan penurunan titik beku larutan elektrolit
dan larutan nonelektrolit.
Menanya (Questioning)
·
Mengajukan berbagai
pertanyaan terkait perbedaan data percobaan sifat koligatif untuk larutan
elektrolit dan larutan non elektrolit.
Mengumpulkan data (Experimenting)
·
Mendiskusikan sifat
larutan elektrolit dan larutan non elektrolit.
·
Menghubungkan sifat
larutan (elektrolit dan non elektrolit
) dengan konsentrasi berdasarkan data percobaan.
·
Menganalisis hubungan
antara sifat larutan (elektrolit dan
non elektrolit), konsentrasi dan sifat koligatif larutan.
Mengasosiasi (Associating)
·
Menyimpulkan perbedaan
kenaikan titik didih dan penurunan titik beku larutan elektrolit dan larutan
non elektrolit dari hasil percobaan.
·
Menemukan formula untuk
menghitung sifat koligatif larutan elektrolit
·
Berlatih menghitung sifat
koligatif larutan elektrolit menggunakan formula yang sudah ditemukan
Mengkomunikasikan
(Communicating)
·
Menyajikan semua yang
telah dipelajari (lisan/tertulis)
dengan menggunakan tata bahasa yang benar
|
Tugas:
· Merancang
percobaan titik beku larutan
· Merancang
percobaan titik didih larutan
· Membuat
diagram P-T
Observasi
· Sikap ilmiah pada saat melakukan
percobaan (saat mengukur volume
menimbang, membaca thermometer, dll)
Portofolio
- Laporan hasil percobaan
Tes tertulis
·
Pemahaman
tentang fraksi mol, kemolalan, diagram PT, titik beku, titik didih
·
Menyelesaikan
perhitungan kimia terkait sifat koligatif larutan(titik didih dan titik beku
larutan)
·
Menghitung
sifat koligatif larutan elektrolit menggunakan formula yang sudah ditemukan
|
3 mgg X 4 jp
|
Buku Kimia
Kelas XII IPA dan situs yang relevan
|
1.2 Mensyukuri kelimpahan unsur golongan
utama dan golongan
transisi di
alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang
digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
|||||
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif,
terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
|
|||||
2.2
Menunjukkanperilaku
kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam
memanfaatkan sumber daya alam.
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku responsif
dan pro-aktif serta bijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat
keputusan.
|
|||||
3.1
Menganalisis penyebab adanya fenomena sifat koligatif larutan pada penurunan
tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku dan tekanan osmosis.
|
|||||
3.2
Membedakan sifat koligatif larutan elektrolit dan
larutan nonelektrolit.
|
|||||
4.1 Menyajikan hasil analisis berdasarkan
data percobaan terkait penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis larutan.
|
|||||
4.2
Mengolah dan
menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan
elektrolit dengan sifat koligatif larutan nonelektrolit yang konsentrasinya
sama.
|
|||||
1.1 Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan
YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar